Selasa, 18 November 2008

Profil Sekolah

Kondisi Sosial Budaya Masyarakat
Bila dilihat dari lingkungan sekitar dimana SD Muhammadiyah 21 berada kondisi sosial budaya masyarakat sangat beragam. Disatu sisi peran serta masyarakat dalam rangka peningkatan mutu sekolah sangat baik. Hal ini terbukti dengan adanya dukungan material dan moril bagi sekolah. Contoh adanya komite sekolah yang berjalan dengan baik sehingga bila sekolah mengadakan kegiatan yang membutuhkan bantuan maka akan banyak dukungan dari masyarakat sekitar khususnya para wali murid.Sedangkan disisi lain masih ada sebagian masyarakat yang apatis dan acuh tak acuh dengan program sekolah sehingga untuk urusan pendidikan mereka mencari yang murah bahkan tidak sekolahpun bukanlah hal yang penting

Kondisi Sosial Ekonomi
Ditinjau dari lingkungan dimana SD Muhammadiyah 21 berdiri kondisi sosial masyarakat sekitar sangat majemuk dan heterogen bahkan sangat tinggi tingkat kesenjangannya. Hal ini terbukti dengan beragamnya mata pencaharian masyarakat sekitar misalnya disini banyak pejabat dipemerintahan,hingga anggota Dewan dan para juragan besi tua serta para PNS dan ABRI namun tidak sedikit masyarakat sekitar yang menjadi pengangguran,pemulung bahkan tukang becak yang merupakan penduduk musiman.
Letak yang Strategis
Letak geografis SD Muhammadiyah 21 berada dikawasan Surabaya berdekatan dengan Komplek Armada Laut RI Ujung Surabaya sekaligus tidak jauh dari kawasan Tanjung perak Surabaya.Dapat dikatakan bahwa kawasan Surabaya Utara merupakan letak yang strategis untuk lalu lintas perdagangan antar Kota, antar Pulau bahkan antar Negara dengan demikian anak – anak yang berdomisili diwilayah ini sangat diuntungkan dengan letak geografis ini dan terbuka lebar bagi lowongan pekerjaan.

VISI
Unggul dalam kecakapan Hidup, penguasaan IPTEK yang didasari IMTAQ


MISI
1. Melaksanakan secara intensif program partisipasi orang tua dan masyarakat
2. Menerapkan disiplin beribadah bagi semua warga sekolah
3. Menciptakan suasana islami serta membangun prilaku santun dan sikap hidup yang agamis.

TUJUAN SEKOLAH
1. Terciptanya kemampuan dan meningkatkan potensi siswa dalam 3 aspek pengembangan yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dalam suasana menyenangkan yang berbasis kompetensi dan memaknai Life skill sebagai kecakapan untuk mencapai kesuksesan hidup.
1. Terciptanya kerjasama yang harmonis antara sekolah dengan Stake Holder.
2. Meningkatkan nilai iman dalam rangka untuk mewujudkan tugas manusia dimuka bumi selain sebagai kalifah Allah juga sebagai hamba Allah yang wajib menyembah padaNya.
Terciptanya pribadi santun dan sikap hidup islami dalam suasana agamis disekolah.

Tidak ada komentar: